Warga Syiah Laporkan Mantan Bupati Sampang ke Polisi

May 24, 2013Admin

http://lbhuniversalia.org/images/stories/laporkan-nur-cahya.jpgPada Selasa, 14 Mei 2013, Warga Syiah Sampang, Madura, yang telah diusir secara paksa dari rumah mereka selama 8 bulan, melaporkan mantan Bupati Sampang Noer Tjahja ke Polda Jawa Timur. Noer dianggap telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian.

Warga Syiah datang ke Polda Jawa Timur dengan membawa serangkaian bukti. Bukti tersebut menunjukkan Noer menghasut dan menyebarkan kebencian serta permusuhan kepada sekelompok warga negara Indonesia di muka umum. Dalam perayaan Maulid di halaman SDN Karanggayam IV, misalnya, Noer terang-terangan memerintahkan pengusiran warga Syiah di Karanggayam dan Bluuran dan siap bertanggung jawab akan pengusiran tersebut.

LBH Universalia yang mendampingi warga Syiah berpendapat aksi tersebut layak diduga telah memicu penyerangan segerombolan massa intoleran terhadap warga Syiah pada 26 Agustus 2012. Penyerangan ini telah menewaskan salah seorang warga Syiah, melukai belasan lain, menghancurkan puluhan rumah, dan memaksa warga Syiah mengungsi di GOR Sampang.

LBH Universalia mendesak Polda Jawa Timur segera menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jakarta, 15 Mei 2013
Hertasning Ichlas SH, MH.
Direktur Eksekutif Yayasan LBH Universalia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post