Bentuk Cabang di Kaltim, YLBHU Adakan Pelatihan Paralegal

June 7, 2013Admin
alt
Kekerasan karena perbedaan agama, mazhab, sekte atau tafsir terus saja terjadi di negeri ini. Kasus kekerasan di Bangil, Sampang-Madura (Syiah), Jember (tarikat), Cikeusik (Ahmadiyah) dan lain sebagainya terus mengisi berita di media massa. Ironisnya aparat penegak hukum dan pemerintahan seolah tak berdaya, sehingga banyak kelompok minoritas makin terzalimi karena tak memiliki kesadaran hukum yang memadai untuk membela hak-haknya. Karena itulah masyarakat mestinya memiliki kesadaran hukum, juga pengetahuan akan hak dan nasibnya.
Dalam upaya membangun kesadaran tersebut pada masyarakat,  Ahlulbait Indonesia (ABI) yang memiliki Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), bekerjasama dengan YLBH Universalia berinisiatif mengadakan Pelatihan Paralegal di berbagai daerah. Pelatihan Paralegal pertama ini diadakan oleh YLBH Universalia di Asrama Haji Balikpapan, Kalimantan Timur dari tanggal 7-9 Juni 2013. Setelah Pelatihan Paralegal ini selesai, rencananya YLBHU secara resmi  membentuk Cabangnya di Balikpapan, Kaltim. Untuk selanjutnya, YLBHU akan membentuk cabang-cabang di berbagai daerah lain.
Tujuan YLBHU mengadakan Pelatihan Paralegal ini adalah untuk 1) Membentuk tenaga paralegal yang tangkas dan cergas di daerah-daerah. 2) Membentuk jaringan paralegal di seluruh Indonesia, dan 3) Membentuk cabang LBH Universalia di daerah. Diharapkan dengan ini, mampu memberikan kesadaran hukum pada masyarakat dan sumbangsih bagi bangsa Indonesia tercinta demi tegaknya keadilan, hukum dan semangat Pancasila. (YLBHU/JA)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post