Aliansi Seniman untuk Sampang didukung Fadli

October 5, 2012lbhu

altKomunitas Cinta Bhineka bekerjasama dengan Moderat Institute, Garda Suci Merah Putih dan Aliansi Solidaritas untuk Sampang, WAAP, Nainawa Malang, Teater Puser Langit, Over Load, mengadakan pagelaran budaya dan Orasi Kebhinnekaan di Tugu Proklamasi Jl. Proklamasi, Cikini, Jakarta Selatan pada Sabtu, (6/10) pkl. 19.00-23.00. Acara ini akan diisi dengan orasi kebhinnekaan yang menghadirkan beberapa perwakilan, seniman musik Fadhli (Padi),  Fazlurrahman (aktivis), Zuhairi Misrawi (Intelektual muda NU), Andar Nubowo (intelektual muda Muhammadiyah), Usman Hamid (KONTRAS), Thamrin Tamagola (sosiolog), Farid Gaban (wartawan senior), Haidar Bagir danAirlangga Pribadi (akademisi), Syafiq Basri (Paramadina) dan Fadhli PADI (seniman).

Menurut ketua panitia Ahmad Layali, acara ini mengambil tema “Indonesia Damai dengan Kebhinekaan: Empati untuk Sampang” sebagai pembuka akan diputar film berjudul ‘Sampang dan Peradilan Sesat’, teatrikal dari sanggar Pusat Langit pimpinan Pak Ponimin, musik relijius ‘Wirid Manunggaling Kawula Gusti’ pimpinan Cak Mufid dari Malang dan musikalisasi puisi yang dibawakan Haidar Barong.
Acara ini diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa tentang makna asasi Pancasila yakni  “Bhinneka Tunggal Ika”. Moto dari acara ini, SATU BANGSA YES, SATU AGAMA NO, SATU UMAT YES, SATU ALIRAN NO!.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan semua perbedaan harus dapat diterima dengan hati terbuka. Karakter dasar bangsa Indonesia adalah terbuka dan welas asih. Kita tidak pernah punya tradisi ekstrim dalam menyikapi setiap perbedaan. Sepanjang sejarah, musuh bangsa Indonesia hanyalah atheis dan kolonialis.

Tema kegiatan ini terkait kasus Sampang yang melukai prinsip hidup bangsa Indonesia yang plural. Para penganut mazhab Syiah di Sampang dizalimi dan bahkan dibunuh hanya karena berbeda dalam menganut mazhab. Acara ini juga bertujuan menyadarkan kita supaya teringat kembali bahwa tat cara beribadah yang berbeda dengan yang biasa dilakukan pada umumnya tidaklah sesat dan menyimpang. Syiah adalah bagian dari ajaran Islam yang sama sekali tidak bertentangan dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits Nabi Saw. Syiah adalah salah satu mazhab yang diakui dalam sejarah Islam.

Pendukung: Komunitas Cinta Bhinneka, Moderat Institute, Garda Suci Merah Putih,  Aliansi Solidaritas untuk Sampang. WAAP, Nainawa Malang, Teater Puser Langit, Over Load
 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post